Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sinopsis Novel Agar Menarik Perhatian

Cara Membuat Sinopsis Novel Agar Menarik Perhatian

Cara Membuat Sinopsis Novel Agar Menarik Perhatian
Pixabay.com


menjadipenulis.com – Setelah mengetahui manfaat membuat sinopsis novel, kali ini saya akan membagikan cara membuat sinopsis keseluruhan (Biasanya untuk dikirimkan ke penerbit). Pembuatan sinopsis ini memang susah-susah gampang. Banyak sekali hal yang harus diperhatikan saat penulisan sinopsis. So, berikut ini adalah cara membuat sinopsis novel agar menarik perhatian.

1. Membaca Naskah Keseluruhan

Membaca naskah utuh adalah langkah awal dalam penulisan sinopsis. Tujuannya apa? Jelas untuk mengetahui poin penting yang akan kita masukkan. Poin penting ini yang kemudian akan disusun ulang dalam penulisan sinopsis. Seperti mengenai tujuan tokoh, konflik, hingga penyelesain. Membaca naskah utuh juga membantu meyakinkanmu untuk mencatat detail dan data-data penting yang tidak bisa dikarang.

2. Mulai Menulis Sinopsis di bagian Awal

Setelah kamu mencatat hal-hal penting dari naskah utuh, sekarang giliran kamu untuk menulis sinopsis bagian awal. Dalam penulisan sinopsis, pastikan bahasa yang digunakan lebih ringkas, jelas dan padat. Tulisan yang bertele-tele, terlalu banyak anak kalimat, mohon untuk diringkas menjadi kalimat pendek saja. Berikut ini poin yang harus ditulis:

a. Di bagian awal, pastikan kamu menuliskan tokoh-tokoh yang terlibat secara langsung di sana, beserta dengan tujuan tokoh, terutama tujuan tokoh sentral. Tujuan ini memang harus ditulis dipaling awal, supaya orang yang membaca sinopsis bisa langsung melihat seberapa menarik cerita tersebut.

Contoh:

Nina Andraini (26) bertemu dengan Randu Grahara (27) sejak hari pertama bekerja di PT Anuman. Perusahaan yang berjalan di bidang Percetakan Buku. Pertemuan itu membuat Nina meyakini bahwa cowok itu diturunkan Tuhan untuknya. Nina sempat mengalami mimpi bertemu pangeran dengan ciri-ciri mirip Randu. Sejak pertemuan pertamanya, Nina bertekad untuk melakukan misi pendekatan terhadap laki-laki itu. 

b. Setelah menuliskan tujuan tokoh, lanjutkan untuk menuliskan konflik di dalam novel. Misal kemunculan tokoh antagonis, kemudian perlawanan yang dilakukan. Juga masalah-masalah internal si tokoh utama (jika ada). Penjelasan ini biasanya membutuhkan space lebih panjang. Antara dua sampai tiga paragraf. Hal ini disebabkan karena konflik atau permasalahan dalam novel terbilang lebih rumit dan kompleks.

Contoh:

Nina melakukan berbagai cara untuk mendekati Randu. Dia mengikuti gerak-gerik Randu ke mana pun laki-laki itu pergi. Dia bahkan melakukan berbagai skenario supaya bisa mendapatkan perhatian dari cowok itu. Dari mulai pura-pura jatuh saat berpapasan dengan Randu hingga membawa makanan untuk Randu.

Namun, perjuangan Nina tampak sia-sia saat mengetahui bahwa Randu ternyata bukan manusia. Dia adalah makhluk dari klan Bintang. Dia datang untuk mengambil darah suci yang berada di dalam tubuh Nina. Nina yang ternyata keturunan salah satu raja pada zaman dahulu yang memiliki kekuatan besar, membuatnya menjadi sangat penting untuk makhluk di klan lain. 

Di sisi lain, Randu justru mulai merasakan perasaan nyaman dengan Nina. Meskipun dia tahu bahwa perasaan itu tidak wajar. Jika warga klan Bintang mengetahui perasaan Randu kepada Naina, Randu akan mendapatkan hukuman. Bahkan kekuatannya bisa dicabut dan membuat Randu sengsara. 


c. Setelah menuliskan masalah, maka paragraf terakhir dari sinopsis ini adalah penyelesaian terhadap masalah yang ada. rahasia-rahasia (kalau ada), dijelaskan di sini secara gamblang. Teka-teki, pertanyaan-pertanyaan, semuanya dijawab di bagian akhir ini. Kenapa mesti begitu? Karena ini yang dibutuhkan. Ketika seorang penulis membuat novel dan menciptakan segala konflik, orang lain pasti menunggu penyelesaiannya seperti apa. 

Contoh:

Karena perasaan cinta yang besar, mereka akhirnya saling jujur dengan perasaan itu. Mereka memutuskan untuk menjalin hubungan meskipun risikonya besar. Hingga hubungan Randu dan Nina tercium. Mereka ada dalam bahaya. Ada satu rahasia besar yang ada di diri Nina. Ternyata, darah di dalam tubuh Nina bisa membuat warga klan Bintang menjadi manusia seutuhnya. Dengan berbagai cara yang juga membahayakan Nina, akhirnya Nina memberikan darahnya kepada Randu. Randu memilih menerima darah untuk dirinya sendiri yang dijadikan sebagai peralihan menjadi manusia seutuhnya. Portal antar klan pun bisa tertutup dengan darah itu. Setelahnya, mereka berdua hidup sebagai manusia biasa. Meskipun sebenarnya, mereka tidak tahu, sampai kapan akan hidup nyaman tanpa gangguan.

Catatan: ini hanya contoh aja ya. Jadi maaf kalau ceritanya aneh. Yang terpenting, kamu bisa sedikit faham dengan konsep sinopsis ini.

Perlu diingat, tidak ada ketentuan yang mengkhususkan jumlah paragraf dari bagian yang telah saya tulis. Ini diserahkan kembali kepada penulis. Yang terpenting dalam penulisan sinopsis yaitu singkat, padat dan jelas.

Dari bahasa, pastikan tidak ada dialog atau monolog si tokoh. Penulisan sinopsis lebih cocok menggunakan sudut pandang penulisnya dalam menjelaskan isi sinopsis. Kita bercerita seolah sedang mempresentasikannya di hadapan editor.

3. Baca Ulang Sinopsis yang Telah Jadi

Setelah menuliskan proses dari awal sampai akhir, pastikan kamu membaca ulang sinopsis. Ini bertujuan untuk mengecek kesesuaian sinopsis dengan naskah utuh. Jika ada detail yang perlu ditambahkan, maka tambahkan. Jika ada kalimat yang terlalu panjang, pastikan dibuat ringkas, atau dipotong menjadi dua bagian yang lebih jelas dan ajeg.   

Nah, itulah Cara membuat sinopsis agar menarik perhatian penerbit. Semoga bermanfaat dan salam literasi.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Sinopsis Novel Agar Menarik Perhatian"