Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membuat Judul Novel Supaya Menarik Perhatian Pembaca

 5 Cara Membuat Judul Novel Supaya Menarik Perhatian Pembaca

5 Cara Membuat Judul Novel Supaya Menarik Perhatian Pembaca
pixabay.com

menjadipenulis.com – Dalam cerita fiksi, judul diibaratkan sebagai gerbang, disusul bab satu sebagai pintu utama, kemudian bab-bab lainnya sebagai dapur, kamar, dan ruangan-ruangan rahasia. Maka sudah bisa dipastikan bahwa membuat judul novel menjadi salah satu hal penting yang akan menentukan kesuksesan novel yang dibuat.

Kali ini, akan dibahas 5 Cara Membuat Judul Novel Supaya Menarik Perhatian Pembaca.

1. Membuat Judul yang Unik

Mungkin arti unik bagi setiap orang berbeda-beda. Namun secara garis besar, sesuatu yang unik biasanya mampu menyihir penglihatan kita sehingga tertarik untuk membaca karya tersebut. Tentu saja, itu juga bisa membuat kita penasaran membaca isinya. Ada beberapa cerita unik yang pernah saya lihat judulnya, misal novel remaja berjudul: A. Judulnya Cuma satu huruf, meskipun memang ada terusan judul, atau semacam tagline. Tapi itu unik. Atau misalkan, saya pernah membaca judul yang panjang banget. Sampe satu baris. Justru saya tertarik dengan judulnya. Meskipun sebenarnya, judul jenis itu akan susah dihafal dan diingat. 

So, pastikan judul novelmu unik. Setidaknya bisa membuat orang lain melotot saat lihat judul novelmu. Kalau sudah begitu, siap-siap, gerbang awal telah dibuka. Tinggal menyiapkan pintu yang juga harus menarik perhatian para pembaca.

2. Membuat Judul yang Tidak Membocorkan Isi Cerita

Judul yang membocorkan isi cenderung kurang menarik untuk diikuti. Menurut Isa Alamsyah, judul yang membocorkan isi biasanya diembel-embeli kata ‘terakhir’. Tentu saja, sejak membaca judul pun sudah bisa dipastikan akan ada tokoh yang meninggal, atau endingnya akan berakhir buruk. Contoh: Cinta Terakhir, Kehidupan Terakhir, dll. Meskipun sebenarnya, judul yang diakhiri dengan kata-kata ‘terakhir’ tidak semuanya berakhiran buruk. Setidaknya, dengan ada judul-judul semacam itu, kita jadi tahu untuk bisa mencari judul yang lebih fresh. Mengingat, judul dengan embel-embel ‘terakhir’ sudah terlalu banyak digunakan, juga rentan dianggap tidak menarik.

3. Membuat Judul yang Sesuai Dengan Isi Novel

Semenarik apa pun judulnya kalau tidak sesuai dengan isi ya buat apa? Judulnya di sebelah Timur, isinya di Barat, jelas itu nggak nyambung. Antara judul dan isi harus memiliki satu kesatuan yang utuh dan saling berkaitan. Jangan sampai hanya karena judul, para pembaca kecewa membaca cerita tersebut. 

4. Buatlah Judul Novel yang ‘Berani’

Judul novel yang berani itu seperti apa sih? Mungkin di antara kita banyak banget yang membuat judul umum yang rata-rata sudah ada yang pakai. Maka mulai sekarang, cobalah membuat judul yang lebih menarik perhatian karena terkesan ‘berani’. Misal novel Mark Manson  yang berjudul: Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat (versi B. Indonesia). Menurutku, itu termasuk judul novel yang sangat berani. Meskipun sekarang sudah banyak banget judul yang menggunakan kata ‘seni’. Tapi khusus buku Mark Manson ini yang saya garisbawahi justru tentang bodo amat-nya itu. Apakah memang ada seninya? Apakah kita memang harus bersikap bodo amat? Kira-kira begitu gambarannya.

5. Usahakan Membuat Judul yang Provokatif

Judul provokatif bisa membuat orang lain penasaran dan tertarik dengan naskah kita. Judul provokatif biasanya berhubungan dengan judul yang bertolakbelakang dengan stereotif yang ada. Kita bisa melihat novel Asma Nadia berjudul: Surga yang Tak Dirindukan. Menurut saya, judul tersebut termasuk judul yang cukup memprovokasi. Setiap orang tentu saja bercita-cita ingin masuk surga, juga merindukannya. Namun, bagaimana mungkin novel beliau justru sebaliknya? Nah, hal-hal semacam ini yang bisa membangkitkan rasa penasaran. 

So, itulah 5 cara membuat judul novel supaya menarik perhatian orang lain. Bagaimana, mudah kan?


Posting Komentar untuk " 5 Cara Membuat Judul Novel Supaya Menarik Perhatian Pembaca"