Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Manfaat Membuat Sinopsis Novel

3 Manfaat Membuat Sinopsis Novel

3 Manfaat Membuat Sinopsis Novel
pixabay.com


menjadipenulis.com – Sebelum menulis novel, biasanya kita akan membuat outline (kerangka karangan). Setelah novel beres ditulis, kita diharuskan membuat sinopsis novel. Sinopsis adalah ringkasan cerita yang telah kita buat yang biasanya memiliki panjang antara 3 sampai 5 halaman. Selain ditulis setelah novel jadi, ada juga yang menulis sinopsis sebelum menulis novel, mereka beranggapan, sinopsis justru bisa dijadikan sebagai pengingat ketika lupa akan alur cerita. 

Dalam pemahamannya, sinopsis terbagi ke dalam dua arti. Pertama, ringkasan cerita yang menggantung dan membuat penasaran. Biasanya sinopsis jenis ini ditulis di belakang buku. Sekarang lebih dikenal dengan sebutan blurb. Di sisi lain, sinopsis juga diartikan sebagai ringkasan cerita dari awal sampai akhir tanpa menyembunyikan semua yang berhubungan dengan naskah asli. Sinopsis jenis ini biasanya dibuat untuk dikirimkan kepada penerbit. Editor di penerbit akan mengecek sinopsis keseluruhan agar bisa menilai apakah buku layak diterbitkan atau tidak. Di sini, kita akan membahas keuntungan pembuatan sinopsis novel untuk kepentingan pengiriman naskah ke penerbit ya. 

Berikut ini 5 manfaat membuat sinopsis novel yang bisa saya sampaikan: 

1. Kehadiran Sinopsis Dapat Meyakinkan Orang Lain

Ini salah satu fungsi pembuatan sinopsis novel. Jika kita menawarkan cerita kepada penerbit, mereka biasanya jarang membaca naskah ratusan lembar. Maka alternatifnya, mereka biasanya meminta penulis untuk mengirimkan ringkasan cerita supaya bisa diketahui apa yang menjadi keunggulan dari naskah. Kehadiran sinopsis akan memberikan pandangan umum mereka tentang naskah kita. Apakah dengan membaca sinopsisnya, mereka jadi penasaran? Kalau penasaran, biasanya akan langsung diminta naskah asli.

2. Kehadiran Sinopsis Bisa Dijadikan Bahan Pengingat

Seperti yang telah saya bilang, ada beberapa orang yang justru membuat sinopsis terlebih dahulu ketimbang naskah asli. Mereka membuat ringkasan secara umum, kemudian dibuatlah versi panjangnya (dalam bentuk novel). Jika kamu membuat sinopsis di awal, maka kehadiran sinopsis ini bisa menjadi pengingat jalan. Hal ini akan membuat kamu punya motivasi untuk melanjutkan cerita, sebab telah tertulis ringkasannya.

3. Sinopsis Menjadikan Kita Lebih Peka

Ada orang yang bisa membuat cerita beratus-ratus halaman, tapi justru kesusahan saat dimintai sinopsis yang panjangnya 3 halaman. Dengan membuat sinopsis, kita dilatih untuk peka terhadap naskah sendiri. Kita memilah dan memilih apa saja yang harus dimasukkan ke dalam sinopsis. Tentu saja proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, semakin sering membuat sinopsis, akan semakin terlatih dalam meringkas cerita, kemudian memasukkan hal-hal yang menjadi keunggulan dari naskah yang telah dibuat.

Nah, itulah 3 Manfaat membuatan Sinopsis Novel. Di artikel selanjutnya, saya bakal bahas cara membuat sinopsis novel. Pantengin terus ya.


Posting Komentar untuk "3 Manfaat Membuat Sinopsis Novel"