Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pola Judul Novel yang Bisa Digunakan untuk Cerita Kita

 10 Pola Judul Novel yang Bisa Digunakan untuk Cerita Kita

10 Pola Judul Novel yang Bisa Digunakan untuk Cerita Kita
Pixabay.com


Menjadipenulis.com – Di artikel sebelumnya, saya sudah membahas tentang cara membuat judul novel. Sekarang, saya ingin menunjukan pola judul novel yang bisa kita gunakan untuk naskah-naskah kita. Seperti yang telah kita ketahui, banyak banget formula pembuatan judul yang bisa ditiru kemudian dimodifikasi ke dalam judul novel kita. So, inilah 10 Pola judul novel supaya naskahmu menarik perhatian orang banyak:

1. Pola Judul yang Kontradiksi

Wah, judul kontradiksi itu kayak gimana? Bukan berarti berantem ya. Tapi kita bisa menggunakan ‘Versus’ menjadi salah satu pola dalam pembuatan judul di sini. Mungkin tren pembuatan judul ini sudah lama ada, tetapi siapa tahu kamu belum pernah tahu? 

Contoh judulnya: Me VS Mami, Cupu VS Troublemaker, dan contoh lainnya.

Membuat judul dengan pola seperti ini menandakan adanya kontradiksi antara orang yang satu dan yang lainnya. Si cupu disandingkan dengan orang yang suka bikin masalah, misalkan. Hal-hal semacam ini bisa saja menarik perhatian orang lain.

Selain versus, kita juga bisa menggunakan judul konradiksi dengan pola seperti ini: Hate First, Love You Later (novel karya Nimas Disri). Menurut saya, itu judul yang unik. Mengingat, hal-hal yang bertentangan biasanya lebih disukai dan bisa membuat penasaran. Coba temukan pola-pola lain yang serupa ya. Kemudian terapkan di novelmu. Good luck.

2. Pola Judul yang Provokatif

Sebenarnya, poin ini sudah saya bahas di artikel sebelumnya. Kenapa saya bahas lagi di sini? Karena menurut saya, ini juga termasuk pola yang bagus untuk digunakan. Saya tergelitik dengan buku karya Pak Edi AH Iyubenu yang berjudul: Tuhan Maha Santai, Maka Selowlah. Judulnya memprovokasi sekali sih menurut aku. Ada yang udah baca buku buku tersebut?

Intinya, dibutuhkan judul-judul semacam itu yang bisa membuat orang lain berpikir ‘negatif’ terlebih dahulu. Biasanya, meski mereka merasa bahwa judul sebuah karya tidak semestinya begitu, ujung-ujungnya mereka akan membaca karya tersebut untuk mencari kepastian yang ada. 

3. Pola Judul yang Berisi Ciri Khas

Pola ini termasuk sering digunakan oleh novelis di Indonesia. Novel Perahu Kertas misalkan. Salah satu ciri khas yang kuat dalam novel tersebut tentu saja Kugy dengan kebiasannya melayarkan perahu kertas buatannya. Dan, penulisnya pun menjadikan ciri khas itu sebagai judul. Kalau menurut aku, ini termasuk pola yang cerdas. Kamu pun bisa menggunakan pola semacam ini dalam novel yang ada.

4. Pola Judul yang Berisi Ciri Fisik

Pernah membaca novel Raksasa dari Jogja karya Dwitasari? Ini termasuk pola judul dengan memasukan unsur fisik lho. Raksasa di sini bukan berarti raksasa beneran, tetapi memang tokoh yang memiliki badan besar dan tinggi. Tentu saja, menurut saya itu termasuk judul yang unik, sehingga bisa menarik perhatian saya hingga bisa membaca bukunya hingga tamat.

5. Pola Judul yang Berisi Sifat Tokoh

Pola judul ini juga berserakan di platform menulis. Misalkan: My introvert Husband, My Misterious Boyfriend, dan lain-lain. Hal ini menandakan, bahwa karakter atau sifat seseorang bisa menarik perhatian pembaca. Apalagi jika ada sifat yang tidak umum. Bisa saja mereka ingin membaca naskah kita gara-gara judul tersebut.

6. Pola Judul Campuran Bahasa

Jujur, mencampurkan bahasa menurut saya adalah ide yang cukup bagus. Pasalnya, ada beberapa kata yang menjadi sangat menarik jika digunakan dalam sebuah judul. Misal: For My Imam (Ania Putri Syahrani). Judul ini berhasil menarik perhatian saya untuk membaca novel tersebut di WATTPAD. Kamu pernah menemukan pola judul seperti ini? Sepertinya, kamu juga bisa coba untuk diterapkan di novel buatan sendiri.

7. Pola Judul Berbahasa Asing

Jika di nomor enam polanya campuran bahasa, kalau yang ke tujuh ini benar-benar bahasa asing. Entah bahasa Inggris, Belanda, Prancis, Korea, dan lain-lain. Kenapa harus bahasa asing sih? Jujur, kadang ada padanan kata yang jika dibuat dalam bahasa kita malah nggak enak didengar atau kurang menjual, tetapi ketika dibuat ke dalam bahasa inggris misalkan, itu malah jadi menarik dan gampang diingat. Nomor tujuh ini nggak saya kasih contohnya ya, banyak banget pola seperti ini yang bisa dicari di platform menulis.

8. Pola Judul yang Berhubungan Dengan Tempat

Pola ini juga sampai saat ini masih dipakai, dan saya pikir, akan selalu dipakai. Pola judul ini biasanya berhubungan dengan daerah atau ciri khas daerah. Misal: Cintaku Tumbuh Bersama Dodol Garut. Ini kayak judul FTV. Biasanya suka ada pola-pola seperti ini di layar televisi kita. Tentu saja, kita bisa menggunakan pola semacam ini. Siapa saja bebas mengespresikan setting tempat di dalam novel sehingga bisa diangkat menjadi judul.

9. Pola Judul yang Membocorkan Ending

Meski di artikel sebelumnya saya bilang untuk tidak menggunakan judul yang membocorkan, tetapi ini termasuk pola juga. Mau digunakan atau tidak, yang penting saya sudah menceritakan bahwa ternyata banyak juga penulis yang menggunakan pola seperti ini. Setiap penulis punya otoritas sendiri dalam menentukan judul novel mereka. Contoh judulnya: Cinta Terakhir, Pertemuan Terakhir, Kisah Terakhir, dan lain-lain.

10. Pola Judul yang Menembak Inti Novel

Untuk pola nomor sepuluh ini, berhubungan dengan inti dari cerita. Misal: Suamiku Selingkuh dengan Pembentuku Sendiri. Atau: Cinta Sang Istri Kedua, dan contoh judul lainnya. Sebenarnya secara inti, isi novel sudah terbocorkan, tapi jelas kita tidak tahu secara detail isi ceritanya bagaimana. Menarik? Bisa jadi. Selain itu, kita juga sering banget menemukan pola judul satu kata. Misal: Darah, Tumbal, Mati, Cinta. Itu semua termasuk contoh judul yang sebenarnya pola tembakan tadi. Biasanya yang ditembak adalah inti tema atau topik yang diangkat di dalam novel.

Nah, itulah 10 Pola Judul Novel yang Bisa Digunakan. Bagaimana, gampang kan? Yuk buat variasi judul novel yang lebih banyak supaya menarik perhatian pembaca.


Posting Komentar untuk " 10 Pola Judul Novel yang Bisa Digunakan untuk Cerita Kita"