Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menentukan Genre Novel yang Akan Ditulis

3 Cara Menentukan Genre Novel yang Akan Ditulis

3 Cara Menentukan Genre Novel yang Akan Ditulis
pixabay.com

Menjadipenulis.com – Genre adalah satu hal krusial yang harus ditentukan sebelum menulis novel. Sebenarnya, genre adalah pembahasan lanjutan dari tema. Setelah menentukan tema, kita biasanya akan menemukan genre yang pas dengan tema tersebut atau setidaknya sudah menemukan gambaran tentang genre di novel kita. Kali ini, saya akan berbagai cara menentukan genre. Hal ini berkaitan langsung dengan proses kreatif kita dalam menulis novel. Simak beberapa hal di bawah ini ya:

1. Pastikan Genre yang Dipilih Sesuai Dengan Minat Kita

Bagi saya, minat menjadi salah satu hal penting dalam penulisan novel. Minat adalah jembatan yang bisa digunakan dalam mengatur dinamika saat menulis. Bedakan, bagaimana proses penulisan novel dengan genre yang kita minati, dan genre yang tidak kita minati. Kamu pasti bisa membayangkan bukan?

Ketika kita berminat terhadap suatu genre, belum tentu kita suka terhadap genre tersebut. Misal: saya berminat menuliskan genre horor, tapi sebenarnya saya tidak suka dengan novel ber-genre serupa. Lha, kok bisa berminat? Bisa jadi ada alasan lain. Misal ingin menaklukkan genre tersebut atau ingin mencoba genre lain dari genre yang biasanya kita tulis.  

Ini semua sah-sah saja. Kita bisa menulis sesuai kehendak kita. Yang penting genre yang dipilih bukan karena paksaan. Apalagi ikut-ikutan dengan orang lain. Pokoknya, sesuatu yang berasal dari hati akan lebih bermakna untuk dijalani. Eaaa. Sama halnya ketika memilih si doi.

2. Genre Bisa Membangun Personal Branding Lho

Banyak penulis yang sudah mengatur dirinya dari awal untuk menulis genre tertentu saja. Misal spesialis thriller, spesialis horor, spesialis cerita remaja, dan lain-lain. Memang fungsinya buat apa sih? Ya buat personal Branding. Di era sekarang, semakin banyak orang yang berkreasi di bidangnya masing-masing. Di bidang menulis pun ada berbagai penulis. Penulis nonfiksi, penulis fiksi, penulis iklan, dan lain-lain. Penulis fiksi misal, itu dibagi-bagi lagi. Ada penulis cerpen, ada penulis novel. Wah, dari novel, ada pembagian lagi berdasarkan genre. Genre thriller, genre romance, genre horor, dan lain-lain. Semakin sempit niche yang dipilih. Semakin runcing personal Branding yang dibangun.

Lho, berarti nggak boleh nulis berbagai genre dong? Ya nggak gitu juga. Setiap orang bebas menulis genre apa pun. Tapi, kalau seandainya kamu ingin sekalian membangun personal branding, kamu bisa mencoba hal ini. Dengan personal branding, pembaca akan lebih gampang mengenali kita sebagai penulis. Kalau pun tidak, ya tidak jadi masalah. Ini diserahkan kembali kepada penulisnya. Kembali ke tujuan awal menulis. Kalau sudah tahu tujuan awal menulis, pasti nanti akan tahu titik temunya. 

3. Menulis Novel Multi Ganre

Sebenarnya, poin nomor tiga ini masih nyambung dengan poin nomor dua. Kita bisa banget lho menulis novel dengan berbagai genre. Misal: genre utama kita novel thriller, tapi kita bumbui dengan percintaan dan komedi. Tidak jadi masalah. Ada juga yang menulis novel horor lantas dibalut dengan drama keluarga. 

Pertanyaannya, apa sih tujuan menulis multi genre seperti ini? Jawabannya masih nyambung dengan nomor dua. Ketika kita ingin menulis di genre khusus, bukan berarti kita menulis di genre itu saja. Kita bisa memasukan sedikit bumbu di dalam novel kita. Misal: novel kita utamanya tetap thriller psikologi, tetapi di dalamnya ada percintaan. Apalagi percintaan ini diciptakan untuk kebutuhan plot. Tentu akan sangat menarik. Ngomong-ngomong soal plot, mungkin nanti akan dibahas di lain kesempatan.

Intinya, kita jangan ragu untuk mengombinasikan genre. Ketika kita memilih jadi spesialis genre tertentu, bukan berarti kita dilarang mengeksplor genre lain. Justru ini akan menjadi tantangan dalam menulis novel. Seberapa jago kamu meramu satu novel dengan ganre campuran?

Nah, itulah 3 cara memilih genre novel. Bagaimana, sudah ada gambaran? Selamat menulis dan salam literasi ya.

Posting Komentar untuk "3 Cara Menentukan Genre Novel yang Akan Ditulis"